Thursday, November 13, 2014

Cara Sederhana Membuat Website Profesional



Apa itu Blog ?

Menurut saya, blog adalah website sederhana yang bernaung di bawah nama domain bawaan, yang memang disediakan secara gratis untuk rating situs penyedia tersebut. Semakin tinggi rating situs itu, semakin terkenal lalu banyak iklan dan akhirnya kaya raya. 

Blog bisa dibuka dijendela baru ketika Anda menulis alamatnya. Beda dengan akun facebook dan twitter, Anda tidak berdiri sendiri karena akun Anda milik situs tertentu seperti www.facebook.com/www.twitter.com. Artinya, mereka adalah website yang didalamnya disediakan menu pertemanan, chatting, dan lainnya. Sama halnya saya buka www.youtube.com, maka saya akan menemukan menu video online, karena memang disediakan olehnya. 


Macam-macam Blog

Banyak situs penyedia blog gratis, di antaranya blogger,wordpress,weebly, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling laris dan terkenal sekaligus saya suka adalah blogger. Karena membuatnya sangat mudah dan mudah. Kalau ingin menarik variasi, maka perlu pembelajaran lagi. 

Mengenal Domain Dan Hosting

Domain adalah alamat resmi situs Anda. Jika Anda menggunakan gratisan, maka nama situs Anda akan diembeli situs penyedia mereka, seperti blog  sh.st/yVzyx Blogspot adalah domain bawaan karena saya menggunakan jasa gratis. Begitu pula wordpress, dan lainnya. 

Hosting adalah ukuran memori yang berada di dalam situs Anda. Ibaratnya flasdisk, Anda bisa pilih 3 giga, 4 giga, dan lainnya. Maka jika full, Anda harus menghapus salah satu menu. Efeknya situs Anda akan lemot dan lambat karena kebanyakan beban.
Domain bisa dibeli. Anda ingin menghilangkan embel embel situs bawaan agar lebih keren. Anda bisa sewa per tahun domain. Banyak sekali penyedia jasa domain yang sesuka hati Anda pilih. Bisa Anda pilih .com, co.id, net, org, dan masih banyak lagi. Maka jika Anda mendapati situs berakhiran tersebut, maka mereka pasti nyewa dan bayar. Begitu pula hosting, Anda bisa membelinya. Contoh, blog menjadi domain berbayar sehingga menjadi website professional tapi sebetulnya blog adalah sh.st/uSKzS

Cara Membuat Blog

Silakan buka blogger.com, daftar di situ. Penting Anda harus punya email gmail. Karena blogger milik google. Isi selengkapnya dan setelah berhasil, maka blog Anda sudah jadi. Nah, di sini masih blog sederhana, lalu bagaimana mengubahnya ke blog professional ?

1.     Ubah Template blog dengan template bawaan ( hasil download atau beli ) ke blog Anda, ganti kalimatnya dengan kalimat Anda, maka dalam 15 menit blog Anda sudah professional. Banyak sekali situs penyedia template gratis, seperti  sh.st/uSKdE dan bisa Anda download gratis.

2.     Ubah Secara Manual

Ini yang saya lakukan pada blog pribadi. Saya otak atik sendiri tanpa bantuan template bawaan. Dari mulai background, warna, hingga animasi, semua saya otak atik sendiri.

Caranya :

Ambil widget dari para blogger yang suka rela menyediakan widget menarik berbentuk html, seperti widget animasi robot, jam, translate Bahasa, dan lainnya. Copy kode html tersebut, biasanya kalau bukan gerak berlebih, maka mudah pastekan di menu tata letak, lalu pilih kode html, dan pastekan di situ, klik ok. Maka widget akan mencul di blog Anda. Kalau harus edit html, maka pilih template, klik edit html, ikuti petunjuk penyedia widget tersebut, biasanya suruh paste di atas kode </body> atau </head>

Dengan begitu, blog professional Anda sudah jadi. Jika alamatnya ingin professional, maka Anda harus beli domain berbayar seperti tulisan di atas.

No comments:

Post a Comment