Wednesday, January 21, 2015

Nama Nama Terhormat Yang Dihinakan




Masa lalu adalah saksi yang mana menjadi hasil dari sebuah peradaban sekarang ini. Masa lalu menyimpan sejuta misteri, yang mana belum sepenuhnya terpecahkan oleh manusia, baik melalui keilmuwan modern maupun indra manusia. 
 
Definisi masa lalu sebenarnya singkat. Adalah masa yang dilalui bumi dan tidak mungkin kembali. Setiap dari kita mengalami masa lalu. Semisal Anda berumur 20 tahun, berarti 19 tahun lebih waktu yang telah Anda lalui di dunia ini, dengan suka duka, perih atau pun bahagia.

Masa sekarang adalah milik orang orang yang hidup puluhan,ratusan, ribuan tahun lalu. Dengan syarat manusia itu punya pengaruh dahsyat pada lingkungan. Mereka mempengaruhi pola hidup sekian milyar, mempengaruhi cara Bahasa, cara meramu dan berburu. Mereka mengenalkan pakaian, listrik, dan informasi lain yang belum pernah ada sebelum mereka hidup. Oleh karena itu, mereka pengubah jalannya sejarah. Bahwa memiliki masa kini yang menjadi kelanjutan masa pertama dirinya yang tidak mungkin terus hidup mengingat umur mereka dibatasi.


Masa depan adalah milik orang sekarang memperjuangkan kenyamanan, keadilan, kedamaian, keceriaan, kesejahteraan, kereligiusan baik di masa sekarang maupun masa depan. Mereka membangun peradaban melalui pengaruh luar biasa dahsyat, dengan dukungan dari berbagai pihak bahkan benda mati, seperti internet, kertas, pena, computer, dan lain lain. Dengan internet, banyak orang membaca tulisannya sehingga mempengaruhi mereka untuk lebih baik ke depan. Lalu disalurkan pada anak cucu mereka sehingga masa depan adalah lanjutan dari panyampaian materi yang mana tidak mungkin berlanjut terus karena umur mereka dibatasi. Meskipun tulisan mereka selalu ada walaupun sudah lama mereka meninggal. 

Tidak selalu yang indah di masa lalu menjadi indah di masa sekarang dan masa depan. Tidak selalu yang buruk di masa lalu menjadi buruk di masa sekarang dan masa depan. Tuhan bisa mengubahnya sekejap kilat. Manusia memandang buruk karena pengaruh orang munafik. Sesungguhnya hal itu sangat dengan mudah dipatahkan. Tuhan itu sangat mudah mengubah. Sekejap. Semuanya sangat mudah.

Tahukah Anda nama Firaun ?

Apakah Nama Firaun buruk/hina ?

Di masa lalu nama Firaun sangat terhormat. Nama Firaun menjadi prestise tinggi dan tidak boleh ada orang berani memberani nama itu dengan seenaknya. Karena harus ada syarat tersendiri disebabkan saking agungnya nama itu.

Firaun adalah sebutan gelar untuk raja Mesir, yang mana menjadi primadona untuk semua orang. Jadi, tidak dipungkiri betapa agung nama Firaun masa lalu.
Tapi seiring waktu berjalan.

Nama itu menjadi hina. Nama itu menjadi konotasi sangat negative. Semua orang tidak mau memakai nama itu karena sangat hina itu. Begitu hina dan hina, dan orang tidak sangat bersentuhan dengan nama itu.

Apakah factor yang mendasari hal itu ?

Sudah dijelaskan di atas, masa kini adalah milik orang masa lalu yang berpengaruh. Firaun sangat berpengaruh tapi sangat buruk, durhaka, bahkan mengaku Tuhan. Hal itu tentu menghinakan dirinya sendiri. Seiring waktu berjalan, orang orang yang masih semasa dengannya masih mengagungkan nama itu. Tuhan sangat cepat mengubahnya. Nama itu menjadi hina akibat amal Firaun yang melampaui batas. Nama itu agung di masa itu. Setelah dia tiada, nama itu hina selama lamanya, bahkan jauh setelah kita menutup mata.

Qarun adalah nama agung di masanya. Nama itu begitu prestise oleh telinga orang. Karena Qarun adalah sebuah nama elit, bangsawan, hartawan.

Seiring waktu berjalan, nama itu dihinakan dan dikontasikan negative sehingga semua orang tidak mau diberi atau memberi nama Qarun.

Begitulah, pada akhirnya kita sendiri akan merasakan pengaruh apa yang kita lakukan, perbuatan apa yang kita lakukan, ketika hal itu disebarkan oleh orang munafik yang membenci kita, itu bukanlah masalah serius bagi kita. Karena orang munafik biasanya menyebarkan hanya pada daerah yang dikenalnya. Nah, bagaimana bila Tuhan yang bertindak. Tiadalah siapa pun bisa menghindar.

Pengaruh itu pasti, tapi pengaruh kebaikan itu mutlak. Agar kita kelak tiada lagi di dunia, masa depan teringat akan nasehat, ucapan, atau pun manfaat lain dari amal kita. Hal itu sejatinya kebahagiaan kita di alam kubur dan sejatinya nama kita akan diindahkan di dunia maupun di akhirat.

No comments:

Post a Comment