Monday, January 12, 2015

Aturan Islam Sesuai Logika




Allah menciptakan manusia dengan keunggulan yang tiada dimiliki oleh makhluk lain, yaitu akal. Jadi manusia adalah makhluk tercerdas yang pernah tercipta. Bukan hanya itu, manusia adalah makhluk dengan derajat tertinggi di sisi Allah. Melebihi derajat malaikat, apalagi jin. Tapia da syarat syarat tertentu bagi manusia untuk bisa memperoleh apa yang semestinya diraih yaitu derajat tertinggi. Karena tidak sedikit juga manusia berpaling yang menyebabkan dirinya keluar dari fitrah yang berakibat dirinya hina, bahkan lebih hina dari binatang.

Logika manusia hanyalah secuil kecerdasan yang dibatasi. Sekali lagi dibatasi. Meskipun makhlus cerdas, manusia hanyalah makhluk terbatas. Dari mulai pandangannya, setajam apa pun dia tidak bisa melihat batas langit. Dia hanya bisa melihat bintang terjauh yang bisa dijangkau matanya. Padahal di atas bintang ada bintang dan seterusnya. Dari sisi pendengaran pun dibatasi. Dia tidak bisa mendengar di area jauh. Dari sisi kebugaran pun dibatasi, dia tidak bisa lama bertahan mengeluarkan tenaga, tidak bisa bertahan lama tanpa air. Dari sisi akal, jelas dibatasi. Alangkah indah, dari keterbatasan itu menciptakan suatu keharmonisan tinggi yang membuahkan keuntungan untuk sesama.

Bagaimana Logika memandang keagungan Allah ?


Saya tekankan semua aturan yang dibuat Allah sama sekali tidak bertolak dengan logika manusia, sekali pun logika kita terbatas. Surga, neraka, alam akhirat, alam kubur merupakan hal yang mana tidak masuk di akal manusia disebabkan akal manusia terbatas. Pernahkah kita berpikir ada yang nyatanya akal kita tidak sanggup. Mengapa ? Apa memang hanya ilusi ?

Tidak, saudara. Sesungguhnya kitalah yang dibatasi. Kita itu terbatas dan dibatasi. Keagungan Allah tidak akan pernah terpikir oleh kita. Semisal surganya nerakanya alam kubur dan lainnya. Janji janji yang mana beramal sholeh banyak dibalas surga. Yang membangkang perintah Nya dibalas neraka yang di dalamnya diisi siksa pedih.
Karena kita terbatas, maka sebagian kita yang bangga akan logika terkadang tidak percaya akan hal itu.

Lantas tidak masuk logika semua itu ?

Tidak. Hal itu karena kita belum tau. Belum mendalami. Hanya sugesti sugesti saja tanpa penjelasan dari orang orang yang benar benar tau akan hal itu, semisal ilmuwan yang menemukan ayat Al Quran sesuai dengan eksperimannya. Hal itu memang nalar karena aturan langit tidak pernah bertentangan dengan logika.

Bagaimana Cara Meyakinkan Orang Berlogika lemah Tentang Kekuasaan Tuhan ?

1.     Jelaskan Bukti Ilmiah


Berjuta juta bukti ilmiah telah ditemukan, dan ternyata berabad abad yang lalu telah termaktub di dalam Al Quran. Bahkan baru baru awan yang menerpa pesawat sehingga jatuh ternyata berabad lalu sudah dijelaskan di dalam Al Quran. Padahal dulu belum ditemukan pesawat.

Jelaskan kebenaran kisah di dalam Al Quran. Hanya cara bukti ilimiah bisa meyakinkan orang kafir sekali pun. Semisal bukti bahwa Firaun memang ditenggelamkan di laut. Mayat Firaun mengandung zat zat garam laut yang menunjukkan bahwa dia memang mati di laut.

Cara menyakinkan mereka tentang alam kubur. Jelaskan bukti ilmiah. Adakah ? Jelas ada. Anda bilang tidak ada bisa jadi anda belum mencari. Di sebuah Negara Asia barat, jauh di bawah terdengar jutaan jeritan manusia disiksa yang mana di dalam di huni jutaan mayat tentara suatu Negara. Jeritan itu sangat mengerikan.

Anda jelaskan bukti ilmiah bahwa Tuhan itu ada. Bahwa surga dan neraka itu ada. Bahwa ibadah sholat, zakat, puasa, dan lainnya mengandung sejuta manfaat. Jelaskan !

Begitu pula jelaskan dampak bukti ilimiah jikalau melakukan kedzaliman. Semisal orang minum khamr, dia hanya pakai logika dan seolah tidak percaya kalau itu dosa besar. Maka jelaskan bukti ilimiah bahwa itu berbahaya. Karena berbahaya, makanya dilarang. Karena itu bukan hanya merugikan dirinya, tapi banyak orang. Dengan minum khamr, maka akalnya akan hilang. Kalau akalnya hilang, sangat mudah jin jahat untuk merasukinya dan akhirnya mengendalikan dirinya ke dalam lubang criminal.

Bukan hanya itu, tubuhnya yang semakin menua akan diisi sejuta penyakit. Di hari tua seharusnya kaya bahagia. Tapi dia merasakan sakit tiada tertahan akibat masa mudanya tubuhnya dimasuki racun racun yang mematikan. Memang sama sama akan mati, tapi matinya orang meminum khamr lebih mengerikan dan pedih karena tubuhnya diisi sejuta racun. Lebih pilih mana Anda ? Mati enak atau mati sengsara ?

2.     Jelaskan Analogi

Ini untuk murid Anda yang sukanya main logika. Analogi adalah perbandingan sesuatu dengan sesuatu lain yang sangat nikmat di cerna oleh akal. Semisal, bila murid Anda bertanya,” Apakah Tuhan benar benar ada ?”

Sekali lagi karena kita terbatas, kita tidak bisa meraba kekuasaan Tuhan. Pakai bukti ilimiah bisa Anda lakukan. Tapi untuk anak muda, pakai analogi juga bisa.

Jelaskan analogi dengan cinta, balik bertanya,

“ Apakah kamu mencintai ibu dan bapakmu ?”
“ Apakah kamu mencintai saudara saudaramu ?
“ Jika ya, maka kamu bohong.”

Mereka pasti bertanya penasaran. Anda jawab,

“ Buktikan dan hadirkan cinta di sini. Apa itu cinta, hadirkan. Mana saya tidak melihat. Tapi cinta itu ada. Jadi, anak anak. Cinta itu memang ada. Tidak ada karena akal kita terbatas. Seperti Tuhan. Tuhan memang ada. Kita tidak bisa melihatnya karena kita terbatas. Ingat, kita itu manusia yang terbatas dan dibatasi.”

Jika Anda ditanya oleh Kristen,” Eh mengapa kok kalian gak masuk Kristen sekalian. Artis artis pada masuk lho, masak kalian gak mengikuti mereka.”

Jawab dengan tegas,

“ Memang benar artis itu masuk Kristen, tapi hanya orang goblok yang mau masuk Kristen. Banyak ilmuwan Cerdas masuk Islam yang memperoleh bukti bukti nyata dan ilmiah kebenaran Islam. Masak kami harus mengikuti orang goblok kayak gitu yang menjual keyakinannya demi pernikahan, demi uang, demi dunia. Yang bego siapa ya ?”

No comments:

Post a Comment