Friday, March 13, 2015

Obat Ganteng



Tidak sedikit orang menginginkan kemudahan hidup. Sesungguhnya hal itu tiada mustahil. Asalkan satu syarat mereka tau rahasianya. Sesungguhnya rahasianya sangat simple, hanya saja sangat sulit dilakukan. Apa itu ?
 
Adalah PASRAH. Yang dimaksud bukan menyerah, menyerah dengan keadaan saat ini lalu tidak move on. Pasrah adalah menerima apa yang memang sudah diatur. Entah itu bentuk fisik, dan masa lalu. Karena hal itu di luar control kita.


Artinya masa lalu bukan menjadi control lagi. Maka Anda menguak kembali lembaran lembaran yang membuat Anda bersedih, berarti Anda belum pasrah. Maka Anda akan sulit berbahagia. Hari demi hari diisi kesedihan, yang bahkan meruntuhkan jiwa sehingga depresi hadir. Dia menyalahkan masa lalu, menyalahkan Tuhan. Dalam pikirannya, kenapa dia ditakdirkan begitu sedang temannya tidak. Perlu Anda tau, bisa jadi teman kita jauh lebih malang dari kita lho. Hanya saja mungkin mereka menutup disebabkan memang tidak perlu disebarkan.

OBATI JIWA ANDA DENGAN CARA APA PUN 

Mengobati diri terkadang berhasil dengan cara di luar nalar untuk bisa meraih hasil yang luar biasa di nalar. Misalnya, seorang di Amerika terkena depresi berat karena masa lalunya penuh kemalangan, entah pernah ditipu orang, dianiaya, bahkan dizinai karena dia seorang perempuan. Dia mencoba mendatangi rumah sakit jiwa untuk mengobati diri. 

Pada normalnya, apa yang dilakukan dokter pada umumnya. Umumnya dokter akan memberikan obat bius untuk memenenangkan si pasien.

Tapi itu tidak mengobati bahkan berisiko disebabkan bahan kimia. Si dokter menyuruhnya pergi ke pantai memandangi lautan di kala senja sambil tertawa terbahak bahak. Dan setelah lama berlalu, ajaibnya si pasien sembuh total.

Suatu hari seorang terkena depresi berat. Dia mendatangi ahli terapi psikis. Hal yang sangat sederhan dilakukan si penerapi. Dia menyuruh si pasien mengaca di cermin. Lalu dia menyuruh si pasien untuk memutar mutar wajahnya sambil menjelekkan diri, istilah pletat pletot. Apa yang terjadi ? Si pasien tiba tiba tersenyum sendiri dan bilang,” Sedih ye ? Padahal itu kamu yang dulu “

Terkadang kita bisa mengobati diri dengan cara cara yang menurut orang tidak wajar, seperti sepedan di siang hari bahkan jalan kaki di siang hari. Mungkin Anda bisa dipanggil kurang waras. Tapi itulah terapi. Biarkan Anda dipanggil orang gila, asalkan Anda sukses. Daripada orang waras sedangkan dalam aplikasi Anda berada dalam kesusahan nyata. Jujur pada diri lebih indah. Lagipula mereka akan mati, mana mungkin ingat dan juga ngurus hal lain. Kalau Anda mengalahkan aktifitas mereka pada diri mereka, maka diri mereka sudah terlewat batas, sangat tidak menghargai diri mereka. 

KEINDAHAN FISIK AKAN KITA DAPAT, TAPI DENGAN SYARAT

Rupa kita memang tidak berubah, bahkan sampai kita mati atau pun di akhirat. Eh, ada tapinya dong. Sama sama buah di dunia maupun di akhirat. Meskipun sama, bukan berarti rasanya sama. Rasa buah di surga sangat lezat tiada tertandingi. Jika buah di dunia lezatnya sampai lidah, maka beda dengan buah di surga.

Begitu pula fisik, memang sama. Tapi di surga kelak kita akan diperindah dan sangat indah. Semua disitu tidak ada yang tua dan menua. 

Syarat ke sana adalah mengumpulkan amal sholeh sebanyak mungkin. Semakin banyak amal sholeh dikumpulkan, maka semakin dekat dengan hakekat tempat tinggal kita. Ingat, sehina apa pun diri kita di dunia, jauh lebih berharga daripada kita dihinakan di sana. Satu alasannya, di sini sementara dan di sana kekal abadi. Karena di sini tipuan dan di sana nyata.

Selamatkan diri kita, keluarga, sanak saudara, dan semua saudara kita yang beriman maupun belum, bagi yang belum maka ajakkah dengan lembut, dari api neraka, karena itulah seburuk buruk tempat.

No comments:

Post a Comment